logo blog
pasang
Selamat Datang Di citramylove.blogspot.co.id
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog citramylove.blogspot.com,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan beguna bagi kita semua

Jenis Jenis Jaringan Komputer Dan Penjelasannya

pasang Jenis Jenis Jaringan Komputer Dan Penjelasannya - Sebuah jaringan komputer adalah kumpulan dari beberapa komputer di connect satu sama lain menggunakan komunikasi protokol. Jaringan ini membutuhkan media transmisi tertentu untuk dapat berbagi data, program, dan penggunaan perangkat keras bersama-sama. Keuntungan menggunakan jaringan pada komputer adalah sebagai berikut.

  • Berbagi data dan penggunaan bersama
  • Sebagai salah satu media komunikasi
  • Sistem informasi terpadu

Jenis jaringan komputer

1. Jenis jaringan komputer berdasarkan area

Local Area Network (LAN) adalah bentuk jaringan komputer lokal, dan wilayah yang luas sangat terbatas. Biasanya menerapkan untuk jaringan rumah komputer, lab komputer di sekolah, dan kantor di mana masing-masing komputer saling dapat berinteraksi, bertukar dan berbagi data, dan dapat menggunakan peralatan bersama-sama. Media yang digunakan dapat berupa UTP atau kabel BNC atau Wireless

Keuntungan Dari Jaringan Komputer LAN
  1. Dapat bertukar data (berbagi)
  2. Keamanan data dalam bentuk backup dapat disimpan di beberapa komputer backup
  3. Penggunaan peralatan bersama, seperti printer
  4. Anda dapat terhubung ke internet, sehingga semua komputer dalam jaringan dapat terhubung dengan interntet
  5. Dapat digunakan untuk berbagi sumber daya dalam proses.
  6. Sebagai media monitoring dan pemeliharaan dengan menggunakan sistem remote.
Jenis Jenis Jaringan Komputer Dan Penjelasannya 

  • Pengertian Metropolitan Area Network (man) adalah Sebuah jaringan komputer dengan skala yang lebih besar dari jaringan jaringan area lokal. MAN dapat menjadi jaringan komputer antara kantor / perusahaan yang berdekatan. Dan jaringan komputer ini terdiri dari beberapa jaringan LAN yang saling berhubungan. Media yang digunakan antara kabel MAN jaringan biasanya Wireless atau serat optik.
Pengertian Dan Jenis Jenis Jaringan Komputer

  • Wide Area Network (WAN) Adalah bentuk jaringan komputer, dalam bentuk jaringan komputer skala di antara kota-kota, negara, provinsi, Kepulauan dan bahkan benua. Koleksi WAN LAN dan MAN yang terhubung satu sama lain. WAN biasanya menggunakan media internet. Dengan WAN, pertukaran data dan komunikasi antara pengguna dapat lebih tepat, cepat, dan murah.
Pengertian Dan Jenis Jenis Jaringan Komputer 
 
2. Jenis Jaringan komputer peer to peer dan client server
 
  • Jaringan komputer peer to peer adalah Sistem yang digunakan pada jaringan dengan jumlah komputer sedikit, sistem ini dilakukan antara komputer Anda dan komputer, komputer dengan laptop, dan laptop dengan laptop, biasanya menggunakan kabel UTP.
 
  • Jaringan komputer client server adalah Sebuah sistem jaringan yang digunakan oleh sejumlah besar komputer, di mana ada satu atau lebih komputer yang digunakan sebagai server. 
 
 3. Jenis jaringan komputer berdasarkan media transmisi
 
  • Kabel Twisted Pair :  Kabel twisted pair terdiri dari dua jenis yaitu Shielded twisted pair (STP) dan Unshielded twisted pair (UTP) . Jenis kabel UTP yang sering digunakan untuk LAN dan telepon, biasa di gunakan untuk LAN adalah kategori 3 dan 5yang memiliki panjang maksimum setiap baris adalah 100 meter. Konektor pada jenis kabel yang digunakan dalam UTP adalah RJ-45. Sementara kabel STP adalah kabel UTP dengan hampir sama hanya saja ada lapisan yang dapat melindungi dari gangguan listrik. 
 
Pengertian Dan Jenis Jenis Jaringan Komputer
Gambar kabel Unshielded twisted pair (UTP)
Pengertian Dan Jenis Jenis Jaringan Komputer
Gambar kabel Shielded twisted pair (STP)
  • Kabel coaxial : pengertian kabel coaxial , Kabel ini sebagai kabel pada antena, kabel koaksial juga terdiri dari tembaga tunggal di tengah dalam plastik pelindung dan ringan melapisi logam sebagai perlindungan dari gangguan eksternal. Ada dua jenis kabel koaksial, yaitu: Thiknet 10BASE5 dan 10Base2 thinnet. Kabel koaksial digunakan untuk topologi bus dan jarang digunakan pada LAN. Kabel ini menggunakan konektor BNC. 
 
Pengertian Dan Jenis Jenis Jaringan Komputer 
 
  • Kabel Fiber Optik : fungsi kabel fiber optik , Jenis kabel ini memiliki bandwidth yang besar dan kecepatan data yang tinggi yang mencapai sedikit Giga per / detik. Waw sangat cepat.? Jenis kabel yang biasanya digunakan untuk jaringan kabel listrik WAN sebagai penghubung antara kota bahkan antar negara. Untuk jaringan dengan lingkup kecil kabel ini jarang digunakan, karena harganya yang sangat mahal. 
 Pengertian Dan Jenis Jenis Jaringan Komputer

Wieless: Anda harus Tahu itu apa Wireless? Ya, Wireless adalah penghubung antara host yang tidak memerlukan kabel, sinyal nirkabel hanya menggunakan untuk menghubungkan atau berinteraksi antar komputer.
 
Keuntungan dan kerugian wireless network : 
Keuntungan Wireless Network
  1. Sangat mudah untuk menambahkan komputer atau memindahkan komputer dalam jaringan, (tidak perlu repot-repot kabel merapikan)
  2. Instalasi dan konfigurasi cepat dan mudah.
  3. Dapat mengakses switch jaringan dari mana saja di daerah titik akses.
 
Kerugian Wireless Network
  1. Kecepatan data akan berkurang, jika komputer dalam jaringan nirkabel Anda tumbuh
  2. Lebih rendah, karena keamanan nirkabel dapat diakses dari berbagai tempat
  3. Dapat terganggu oleh cuaca buruk.
  4. Dalam hal perubahan standar, maka kartu jaringan pada setiap komputer harus mengganti.

Nah itulah Jenis Jenis Jaringan Komputer Dan Penjelasannya yang saya dapatkan dari sekolah, tentu Anda juga pengguna jaringan komputerkan, karena itu Anda harus memahami betul tentang jaringan dan jenis jenisnya. Semoga bermanfaat
 
Enter your email address to get update from Citra Mylove.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Download Software Gratis - All Rights Reserved | Template Created by zuity.blogspot.com Proudly powered by Blogger